Home » » MENITI SEJARAH PERJUANGAN DAN PERGERAKAN BUDAYA SEPEDA ONTEL

MENITI SEJARAH PERJUANGAN DAN PERGERAKAN BUDAYA SEPEDA ONTEL

Written By Investigasi News on Jumat, 20 Desember 2013 | 09.55

MENITI SEJARAH PERJUANGAN DAN PERGERAKAN
BUDAYA SEPEDA ONTEL

Bapak Suyono (85)
Lam_Sel INVESTIGASI NEWS
Adalah Suyono Tegul Subroto (85), seorang kakek tua warga Surabaya, Jawa Timur, di usianya yang sudah tidak lagi muda mampu mengayuh laju sepeda Ontelnya menjelajahi Nusantara.Pulau demi Pulau ia lewati dengan semangat pantang menyerah. Kepada Wartawan Investigasi news saat diwawancarai rabu sore pukul 17:12 Wib (30/II) Suyono yang tengah dalam perjalanan pulang kembali ke Surabaya menceritakan seputar pengalamanya selama dalam perjalan. Mewakili Komunitas Sepeda Ontel MAHESA Surabaya, Suyono seorang diri berangkat dari Surabaya pada pertengahan Pebruari lalu dengan tujuan perjalanan ke titik 0 yaitu sabang Aceh atau yang lebih dikenal dengan julukan Serambi Mekah. Suyono bergabung dalam komunitas sepedah ontel MAHESA sejak tahun 1995 dan behasil menjelajahi pulau demi pulau di Indonesia.
Di antaranya adalah Sumatera, NTB, NTT, Sulawesi, Kalimantan dan lain-lain, bahkan pernah singgah di perbatasan selat Australia yaitu Buleo Rotendau. Tujuanya adalah meniti sejarah perjuangan dan melestarikan budaya bersepedah ontel yang saat ini hampir punah atau menghilang akibat berkembangnya zaman yang lebih mengedepankan modereninasasi, banyaknya kendaraan bermesin tanpa kita sadari menimbulkan polusi udara yang tidak sehat dan tidak ramah terhadap lingkungan. Kata Suyono yang sudah kurang lebih Sembilan (9) bulan meninggalkan tanah kelahiranya Surabaya.

Dengan dikawal rekan sesama komunitas sepeda ontel yang ada di Lampung-Selatan, Suyono kembali mengayuh sepeda tua yang Ia beli tujuh tahun lalu menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung yang merupakan pintu gerbang pulau Sumatera untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Jika tidak ada aral rintangan jarak tempuh dari Lampung ke Surabaya akan memakan waktu selama 10 hari. Di Kabupaten Lampung Selatan sendiri ternyata terdapat juga komunitas Sepedah Ontel yang di beri nama POEL diketuai oleh AHMAD MUSADIK warga Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung -Selatan.

(Solikhin & Idhamsyah)

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Investigasi News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger